Elkan Baggott Layak Masuk Skuad Senior Ipswich Town

By ommed


nusakini.com - Penjaga gawang Ipswich Town Christian Walton terkesan dengan performa Elkan Baggot, dan menilai bek timnas Indonesia ini layak mendapatkan tempat di skuad senior klub League One Inggris tersebut pada musim depan.

Baggott menjalani debutnya di League One menjelang berakhirnya kompetisi musim 2021/22. Baggott menggantikan peran Cameron Burgess yang dibekap cedera ketika dibekap Rotherham United 1-0 pada 16 April 2022. Meski menelan kekalahan, Baggott yang bermain sebagai bek kiri dinilai memperlihatkan performa mengesankan.

Remaja berusia 19 tahun ini menjadi bagian tim di laga pamungkas musim 2021/22 saat menggasak Charlton Athletic 4-0. Baggott kembali menunjukkan penampilan yang bagus, sehingga gawang Ipswich Town tidak kebobolan.

Ipswich sebetulnya mempunyai komposisi baku di sektor pertahanan yang terdiri dari Janoi Donacien, Luke Woolfenden and George Edmundson. Sedangkan Burgess dan Corrie Ndaba menjadi pelapisnya.

Kendati demikian, Walton mengaku terkesan dengan performa yang ditunjukkan Baggott di dua pertandingan tersebut. Menurutnya, Baggott sudah sepantasnya masuk ke dalam skuad senior pada musim depan.

“Dia sangat tenang sepanjang pertandingan [melawan Rotherham], tidak terlihat bingung. Buat dia, itu menjadi penumbuh kepercayaan diri yang sangat besar, dan menurut saya dia bisa berada di dalam tim pada musim depan, membantu rekan-rekannya yang berada di depan dia,” puji Watson dikutip laman East Anglian Daily Times.

“Di usia 19 tahun, dia sudah mempunyai tubuh besar dan bagus. Saya senang [melihat performa] dia. Saya pikir semua pemain juga, karena kita bisa melihat seberapa baik dia melakukannya, dan seberapa keras dia bekerja.”

“Ini bagus untuk klub juga, mempunyai lulusan akademi yang datang [ke skuad senior], dan bermain dalam pertandingan seperti itu.”

Selain memperlihatkan performa impresif di klub, Baggott juga tampil menawan bersama timnas Indonesia di Grup A babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023. Pesepakbola kelahiran Thailand ini juga mencatatkan gol keduanya buat skuad Garuda.

Hal itu dilakukan Baggott ketika menggasak Nepal 7-0 dalam pertandingan pamungkas Grup A sekaligus meloloskan Indonesia ke putaran final. Baggott mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-80. (gi/om)